Sabtu, 17 September 2016

1000 Manfaat Oats, Siapa Mau ?

                                         
sumber gambar : pexels.com


Sekilas tentang Oats
Sekarang ini produk-produk makanan semakin menjamur. Salah satu yang makin banyak jenisnya adalah makanan yang berbahan dasar oats, baik itu berupa oat meal instan, biskuit oat, dan minuman energi yang mengandung oat. Oat atau yang memiliki nama latin Avena sativa ini konon sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Menurut catatan sejarah, pada akhir abad ke 18, oat menjadi hidangan utama bagi penduduk wilayah Scotlandia. Bagian tanaman yang dimanfaatkan dari oat hampir semuanya termasuk batang, biji, dan kulit bijinya.

Mengapa oats sangat bermanfaat bagi kesehatan ?
Oats banyak mengandung serat beta glucan, saponin triterpenoid (avenacoside A dan B), senyawa fenolik (avenanthramida A,B,C), alkaloid, sterol, flavonoid, amilum, protein, dan kumarin. Oats juga mengandung sejumlah nutrient lain seperti kalsium, kalium, fosfor, besi, mangan, zinc, vitamin A,B complex, C, E, K, dan asam amino (Witchl & Bisset, 1991).

Berapa jumlah oats yang dianjurkan untuk dikonsumsi ?
·         1- 4 gram oatmeal 3 kali sehari baik untuk dikonsumsi sehari-hari
·         Penggunaan topikal pada kulit bisa berupa bubur oat 5 % atau 100 gram yang digunakan untuk mandi berendam (Matheson, dkk., 2001). Penggunaan oat secara topikal bermanfaat untuk mengurangi gatal-gatal, inflamasi, serta dapat melembabkan kulit.
·       75 gram oatmeal kering bermanfaat untuk terapi tambahan pasien hiperlipid , hipertensi, serta dapat menunda penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan bagi pasien diabetes mellitus (tipe 2).

Apa saja manfaat oats ?
1. Melancarkan saluran pencernaan
Oats merupakan bahan pangan yang kaya akan serat. Oats yang termasuk pangan berserat dan bulk forming agent merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi konstipasi sebelum memilih terapi menggunakan obat-obatan.

2. Mengurangi kadar lemak dalam darah
Penelitian Karmally dkk. (2005) menjelaskan bahwa konsumsi sereal oats  dapat mengurangi kolesterol total dan LDL. Begitu juga penelitian yang dilakukan oleh Onning (1999), Konsumsi oat milk pada pria penderita hiperkolesterol sebanyak 750 mL/hari selama 5 minggu yang mengandung 0,5 gram oats dapat menurunkan level LDL dan kolesterol total sebesar 6 %.

3. Mengontrol glukosa darah
Menurut Rakel (2003), beta glucan dalam oats dapat memperlambat waktu pengosongan lambung dan meningkatkam viskositas (kekentalan) makanan dalam usus halus sehingga penyerapan glukosa akan tertunda, dan glukosa darah akan lebih terkontrol. Oats juga termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik rendah ya.

4.  Mengurangi gatal dan inflamasi pada kulit
        Penggunaan oats untuk kulit dapat berupa mandi atau berendam dengan bubur oats atau penggunaan sebagai masker untuk kulit

Hal yang perlu diperhatikan
Beberapa orang ada yang sensitif terhadap oat. Efek samping yang muncul bisa berupa perut kembung, gatal di bagian dubur, atau diare. Jadi bagi teman-teman yang ingin mengkonsumsi oat sebaiknya juga tidak perlu berlebihan dan perhatikan apakah teman-teman termasuk yang sensitif atau alergi terhadap oatmeal. Oats juga sebaiknya tidak dikonsumsi pada pasien yang memiliki gangguan atau kelainan pada saluran pencernaan.


Sumber :
Braun, L. dan Cohen, M. 2007, Herbs & Natural Supplements, An Evidence-based Guide, Edisi 2,  885-891, Elsevier, Australia.


Lokasi: Banyumas Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar